Jumat, 04 Mei 2012

" KENANGAN DI KOTA KUPANG "

SWITE-CAKRANEGARA MATARAM


Hari Jum'at tgl. 04 Mei 2012........Ba' da sholat Ashar.....


Lama sekali tidak kusentuh dan kulihat blog ini............Yang terakhir puasa di kota Kupang.....pada saat itu kosentrasi dan berusaha tidak batal puasa karena panasnya di lapangan karena pantulan tanah berbatu putih, sengatan matahari dan energi yang kukeluarkan karena harus berjalan kaki mendaki, menuruni lembah, menyebrang kali kecil sebab mobil tidak bisa mendekati lokasi.

Pada bulan puasa yang lalu bolong2 untuk sholat trarawih walaupun bukan wajib tetapi ada kepuasan bathin buat aku, bila selama bulan puasa bisa lengkap dengan sholat tarawih apa lagi kalau berangkat dan pulang bersama keluarga menuju masjid.
Di masjid dekat rumah di Kupang, tiap habis sholat Tarawih kami biasanya kami bersilaturahmi sasama jamaah tidak buru buru pulang saling mengenal asal dari mana, dll. persaudaraan sangat kuat tanpa ada jurang  kaya, miskin. Punya jabatan atau tidak. Maklum muslim dikota kupang minoritas.

Di Kupang seusai dari lapangan terutama turun dari  kota Soe yang jaraknya kurang lebih 100 kM kami mendengarkan salah satu radio yang satu2nya menyiarkan  adhan magrib. Sering adhan magrib kurang 5 ~ 10 menit mobil kami sudah parkir di restoran Padang. Dan salah satu dari kami sudah pesan minuman dulu dan pernah kami mengelilingi meja makan lengkap hidangan dan minuman menunggu komando adhan magrib.

Kadang2 kenangan di kota Kupang, mengangenkan. Betapa tidak kadang2 sholat Dhuhur, Ashar, wudhu masuk sungai yang airnya bening kelihatan batu dibawahnya, kemudian naik beralaskan sajadah kertas bekas kertas semen dengan iringan suara mesin molen dan burung2, kedepan memandang sungai mengalir atau memandang bukit2 gundul. Alangkah Indahnya.........

Ada lagi yang tidak terlupakan disamping teman2 ku yang mungkin masih disana Pak Mus, Bu Mus.... Pak Tarman, Pak Tiarno, Pak Edy, Sius...........masih banyak lagi.........belum teman teman pekerja dari Jawa dan lokal disana.......terutama teman sekamar.......Lestari
Sehari setelah mengirimkan pakaian saya yang tertinggal dikupang ke Mataram (sms di hp tentang pengiriman itu masih ada tdk akan kuhapus sampai hp rusak atau hilang) teman sekamar yang kadang teman berbincang sebelum tidur meninggal dunia katanya karena serangan jantung.

Dikamar itu Lestari tidur diatas tempat tidur Kapuk, saya yang tidak kompromi dengan kasur kapuk karena penderita Asma tidur dibawah diatas selembar kasur busa. Saya sendiri tidak mengerti pennyakit jantung, betapa jahatnya penyakit itu. Rutin tiap pulang dari lapangan, setiba dirumah Sius selalu membuatkan kami berdua masing2 secangkir kopi kental....Mestinya kalau Lestari punya penyakit jantung tidak akan minum kopi. Mengapa diagnosa dokter ? ...kemudian divonis terkena penyakit jantung.
Allahu Akbar ! semua sudah ada tulisannya, memang harus begitu !  Lahir...., Kawin..., Mati...., Sudah tertulis !

Mendekati magrib......di negeri sejuta masjid....Mataram.....nanti nulis lagi....kalau sempat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar